Rabu, 11 Januari 2012

Supporting Evidences And Monitoring To Develop School-Based Curriculum For Junior High School Mathematics In Indonesia


By: Marsigit, M.A.
Reviewed by: Hafizh Praditya Mahardika/09301241001
(http://hafizhpradityamahardika.blogspot.com)

Pengembangan kurikulum membutuhkan komprehensif dan mendalam studi tentang semua aspek yang terlibat, setidaknya ada enam prinsip sebagai panduan kesempatan untuk belajar matematika untuk semua, 2) kurikulum bukanlah sekedar kumpulan materi tetapi harus mencerminkan kegiatan matematika koheren, 3) mengajar belajar matematika membutuhkan teori yang menyeluruh tentang kegiatan siswa, mereka kesiapan untuk belajar dan peran guru memfasilitasi mereka belajar, 4) kesempatan kepada pembelajar untuk mengembangkan konsep matematika mereka, 5) kebutuhan untuk mengembangkan penilaian tertanam untuk proses belajar mengajar, dan 6) menggunakan berbagai jenis sumber belajar mengajar. Untuk memastikan bahwa kurikulum mencerminkan proses belajar mengajar perlu dikembangkan: 1) Pedoman untuk mengembangkan silabus nya, 2) Pedoman kurikulum pelaksanaan, 3) dokumen pendukung seperti handout, lembar kerja siswa, 4) guru keterlibatan dalam kurikulum berkembang, 5) sosialisasi dan diseminasi mengembangkan kurikulum, dan 6) pemantauan berkala dari implementasi tersebut. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika, pemerintah pusat perlu: (1) mendefinisikan kembali peran guru yaitu mereka harus memfasilitasi siswa perlu belajar, (2) mendefinisikan kembali peran kepala sekolah yaitu mereka harus mendukung pengembangan profesional guru dengan memungkinkan mereka untuk hadir dan berpartisipasi dalam ilmiah, pertemuan dan pelatihan, (3) mendefinisikan kembali peran sekolah yaitu mereka harus mempromosikan manajemen berbasis sekolah, (4) mendefinisikan kembali peran pengawas. Maka melalui kurikulum baru, guru harus mampu merespon masing-masing anak sebagai kebutuhan yang diidentifikasi karena kurikuler pengalaman yang relevan dan keterampilan anak-anak sangat bervariasi dan mereka butuhkan kemudian di posisi yang lebih baik untuk memanfaatkan dukungan layanan untuk meningkatkan praktek kelas mereka; pengelolaan berbagai dukungan layanan harus tersedia untuk memaksimalkan efek mereka dalam membantu guru untuk bekerja menuju praktek yang baik dan untuk menerapkan kurikulum yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar