Rabu, 11 Januari 2012

Stimulating Primary Mathematics Group-Discussion


By: Marsigit, M.A.
Reviewed by: Hafizh Praditya Mahardika/09301241001
(http://hafizhpradityamahardika.blogspot.com)

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Bapak Marsigit dan Shisumi Shimizu di beberapa sekolah. Proses penelitian tindakan meliputi analisis masalah dan rencana strategis, pelaksanaan rencana strategis, observasi dan evaluasi tindakan dengan metode yang tepat dan teknik, refleksi atas hasil evaluasi dan pada seluruh tindakan dan proses penelitian. Penelitian ini mencakup tindakan : (1) mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang timbul dalam proses belajar mengajar matematika,  (2) merancang strategi untuk memecahkan masalah sebagai hasil simetris komunikasi antara peneliti dan guru, (3) menerapkan dan menguji
strategi, (4) mengevaluasi efektivitas strategi, (5) mencerminkan hasil, (6) tiba pada kesimpulan dan / atau masalah baru diidentifikasi, (7) mengulangi siklus sampai mereka adalah dengan praktek ditingkatkan, dan  (8) pelaporan temuan. Dalam penelitian tindakan kelas, peneliti menemukan bahwa jika guru memiliki baik persiapan dan mengembangkan beberapa skema untuk mengajar, para siswa 'peran sebagai konstruktor dari pengetahuan mereka menjadi jelas. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa anak tidak hanya melakukan kegiatan di bawah bimbingan guru. Mereka mampu mengembangkan kegiatan mereka berdasarkan pengaruh pada arah dan fokus kegiatan sendiri. Dengan mengamati pada transisi dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya yang perhatian peneliti menemukan bahwa untuk beberapa lembar kerja yang dikembangkan oleh guru telah mempengaruhi jalannya kegiatan dan telah dimulai dengan berbagai percakapan interaksi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kita dapat menafsirkan peran guru melalui siswa perspektif tentang interaksi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui penelitian tindakan kelas siswa tidak hanya menjadi sebagai pembelajar aktif tetapi juga sebagai konstruktor hidup pengetahuan mereka sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar