Sabtu, 07 Januari 2012

Developing Mathematical Methods in Learning the Total Area of a Right Circular Cylinder and Sphere as well as the Volume of a Right Circular Cone of the Indonesian 8th Grade Students


By: Marsigit, M.A.
Reviewed by: Hafizh Praditya Mahardika/09301241001
(http://hafizhpradityamahardika.blogspot.com)

Sistem Pendidikan Indonesia harus mengembangkan kecerdasan dan keterampilan individu, mempromosikan perilaku yang baik, patriotisme, dan tanggung jawab sosial, harus mendorong sikap positif dari kemandirian dan pembangunan. Meningkatkan kualitas pengajaran adalah salah satu tugas yang paling penting dalam meningkatkan standar pendidikan di Indonesia. Kurikulum matematika berbasis Sekolah Menengah Pertama menguraikan bahwa tujuan dari belajar mengajar matematika adalah sebagai berikut:
(1) untuk memahami konsep matematika, menjelaskan hubungan antara mereka dan untuk menerapkannya dalam memecahkan masalah secara akurat dan efisien; (2) untuk mengembangkan kemampuan berpikir dalam belajar pola dan karakteristik matematika, untuk memanipulasi mereka dalam rangka untuk generalisasi, untuk membuktikan dan untuk menjelaskan ide-ide dan proposisi matematika; (3) untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang meliputi pemahaman masalah, menguraikan model matematika, pemecahan mereka dan memperkirakan hasil; (4) mengkomunikasikan ide-ide matematika dengan menggunakan simbol, tabel, diagram dan media lainnya; dan (5) untuk mengembangkan apresiasi dari penggunaan matematika di Lifes harian, keingintahuan, pertimbangan, dan untuk mendorong kemauan dan kepercayaan diri dalam  pembelajaran matematika. Kemampuan yang paling penting bahwa anak-anak perlu mendapatkan saat ini dan di masa depan, sebagai masyarakat, ilmu pengetahuan, dan memajukan teknologi secara dramatis, bukan kemampuan untuk benar dan cepat melaksanakan tugas-tugas yang telah ditentukan dan perintah, melainkan kemampuan untuk menentukan sendiri apa yang harus mereka lakukan atau apa yang harus mereka isi. Pembelajaran terlebih dulu dilakukan dengan bertanya, pertanyaan yang memungkinkan dapat meningkatkan kualitas dan semangat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mempromosikan siswa untuk mengembangkan metode matematika dalam mempelajari total luas sebuah silinder lingkaran kanan dan bola dan juga volume kerucut lingkaran tegak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif Lesson Study dalam dua kelas: kelas 8 SMP, kelas A dan kelas 8 SMP, kelas B.
Para siswa melakukan abstraksi matematika ketika guru memberi mereka beberapa pertanyaan atau ketika guru membiarkan mereka bekerja dalam kelompok. Beberapa siswa mendefinisikan konsep Silinder Edaran kanan sebagai fungsi dalam kehidupan sehari-hari misalnya "Sebuah silinder Edaran Kanan adalah penyimpanan untuk menyimpan sesuatu seperti pena, pensil, dll" Guru mendorong siswa untuk melakukan abstraksi matematis dari Model Beton dari silinder yaitu Edaran Kanan. untuk menunjukkan komponen-komponennya seperti lingkaran, tinggi, dan jari-jari lingkaran tersebut. Pengetahuan, keterampilan, dan metode matematika merupakan dasar untuk mencapai pengetahuan tentang ilmu pengetahuan, informasi, dan bidang pelajaran lain di mana konsep-konsep matematika adalah pusat, dan untuk menerapkan matematika dalam situasi kehidupan nyata. Yang mencolok dari hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa metode matematika siswa dapat ditelusuri melalui skema kegiatan belajar mengajar sebagai berikut:
1. Masalah Pembentukan dan Pemahaman itu muncul ketika para siswa:
a. model tertentu diamati dari silinder lingkaran tegak, mengamati model tertentu dari Sphere, dan diamati model tertentu kerucut lingkaran tegak
b. mengidentifikasi komponen-komponen dari silinder lingkaran tegak, bola, dan kerucut lingkaran kanan
c. mendefinisikan konsep silinder lingkaran tegak, bola, dan kanan melingkar kerucut
d. mendapat pertanyaan dan pemberitahuan dari guru untuk mencari konsep-konsep
2. Membangun Perspektif suatu yang muncul ketika para siswa:
a. Model yang digunakan beton untuk mencari luas total silinder lingkaran tegak, area bola dan volume kerucut lingkaran tegak
b. belajar bahwa tinggi silinder yang tepat adalah sama dengan lebar persegi panjang tersebut; dan keliling lingkaran adalah sama dengan panjang persegi panjang
c. panduan belajar guru untuk memahami prosedur bagaimana untuk mencari volume kerucut lingkaran tegak
d. pecah-down model silinder lingkaran tegak menjadi komponen-komponennya
3. Solusi Pelaksana yang muncul ketika para siswa:
a. mencoba untuk mencari tahu area lateral silinder lingkaran tegak
b. mencoba untuk mengetahui total luas silinder lingkaran tegak
c. mencoba untuk mengetahui daerah lingkup
d. mengumpulkan data dari pengukuran volume kerucut dibandingkan dengan volume silinder
A.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar